Minggu, 08 Januari 2012

PKK MITRA PENTING WUJUDKAN PROGRAM PEMERINTAHAN


           Sebagai mitra kerja pemerintah, TP PKK Kota Mataram dengan 10 program pokok PKK terutama program yang berkaitan dengan pelayanan dasar, pada akhirnya bermuara pada masing-masing SKPD, sehingga TP PKK Kota Mataram menjadi bagian penting dalam mewujudkan tata kelola kepemerintahan yang baik. Pernyataan itu dilontarkan Ketua Umum TP PKK Kota Mataram Hj. Suryani Ahyar Abduh dalam sambutannya pada acara Pertemuan Koordinasi Sinkronisasi Program TP PKK Kota, Kecamatan dan Kelurahan dengan mitra SKPD di Grimak, Kota Mataram Kamis (5/1). Hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua I Ny. Noviani Danar Kinastri Mohan Roliskana beserta Wakil Ketua III Hj. Bq. Ernawati Makmur Said, dan  98 peserta meliputi 42 pengurus PKK Kota dan 56 Ketua PKK Tingkat Kecamatan dan Kelurahan,.
          Selanjutnya Hj. Suryani menyampaikan PKK merupakan satu-satunya lembaga yang selalu mewakili perempuan dalam perencanaan pembangunan melalui Musyawarah Pembangunan Bermitra Masyarakat (MPBM) mulai di tingkat kelurahan hingga tingkat kota. Sehingga PKK mempunyai agenda perubahan tentu akan sangat strategis jika dapat melakukan sinergi dengan SKPD melalui implementasi program.
Mengingat PKK sebagai satu organisasi kemasyarakatan berfungsi sebagai mitra pemerintah dalam membantu melaksanakan program-program pembangunan melalui 10 program pokok PKK dalam rangka mewujudkan kesejahteraan keluarga.  Namun demikian, lanjutnya sebagai mitra kerja pemerintah, TP PKK dengan 10 program pokok PKK pada dasarnya bermuara pada masing-masing SKPD, terutama program-program yang berkaitan  dengan pelayanan dasar seperti pendidikan, kesehatan dan pemberdayaan ekonomi. Pencapainya berbagai program yang sudah dilakukan PKK bersama SKPD terkait sudah menunjukkan hasil dan prestasi yang membanggakan Kota Mataram. Hj Suryani berharap selanjutnya sinergi dengan SKPD dapat tetap berjalan baik dan tentu makin bisa optimal hasilnya bila sinergi juga berjalan hingga ke jenjang TP PKK di kecamatan dan kelurahan. Karenanya, seperti ditambahkan Hj. Suryani “Dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya PKK melakukan pembinaan secara berjenjang mulai dari PKK Kecamata hingga Kelurahan dan dalam operasionalnya didukung oleh 1.705 kader yang tersebar pada 50 kelurahan,” papar beliau.

Terkait dengan itu kegiatan sinkronisasi program dengan SKPD sangat penting untuk membangun kerjasama dengan TP PKK. “Sangat mustahil kami dapat berbuat tanpa dukungan dari semua pihak,” paparnya.
Dasar itu, dalam kegiatan sinkronisasi program tersebut PKK mendatangkan narasumber dari beberapa SKPD terkait meliputi, Kepala Bappeda Kota Mataram yang diwakili Kabid Sosial Budaya I Gusti Ayu Mahakamiati, Kepala Dinas Kesehatan yang diwakili oleh Kabid Promkes dr. H. Usman, Kepala Dinas BPPKB, Kepala Diskoperindag, BPM, BPKP5, Dinas Pendidikan,  Kepala BKP5 dan Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Kelautan Kota Mataram. (nir/yudi foto humas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar