Rabu, 28 Maret 2012

WALIKOTA PIMPIN IPHI KOTA MATARAM PERIODE 2012-2017


Walikota Mataram H Ahyar Abduh terpilih sebagai Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia Kota Mataram. Ahyar terpilih sebagai Ketua pada Musyawarah Daerah IPHI Kota Mataram bertempat di Ruang Kenari Kantor Walikota, kamis (22/03).
Kota Mataram merupakan daerah terakhir di Nusa Tenggara Barat yang menyelenggarakan Musda usai Musda IPHI Propinsi November 2011 lalu.
Wakil Ketua I IPHI Nusa Tenggara Barat, H. Mahally Fikri mengungkapkan, secara Nasional, kiprah IPHI Indonesia telah berlangsung selama 22 tahun. Untuk di Nusa Tenggara Barat sendiri, keberadaan IPHI NTB telah terbentuk selama 2 periode.
Dalam kiprahnya, diakui IPHI NTB selama ini belum cukup popular di kalangan masyarakat. Tujuan dari keberadaan IPHI ini sendiri untuk mewadahi dan memberi pelatihan kepada para calon haji asal Nusa Tenggara Barat dalam menunaikan Rukun Islam yang ke 5.
Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara Musda I Kota Mataram, H. Sudiarto, SH,M.Hum menyebutkan, sedianya Musda Kota Mataram digelar pada tahun 2011 lalu, namun karena Musda IPHI Propinsi belum terlaksana menyebabkan Musda Kota menjadi tertunda.
Kiprah IPHI Kota Mataram menurut Sudiarto, sejauh ini telah melaksanakan 2 agenda yakni pembentukan IPHI Kecamatan dan penyelenggaraan Manasik Haji Gratis kepada para Jamaah Calon Haji Kota Mataram. Hingga saat ini hanya IPHI Kecamatan Sekarbela yang belum terbentuk.
Pada kesempatan membuka, Walikota Mataram menegaskan Pemerintah Kota tetap menjadi mitra bagi IPHI Kota Mataram.  Walikota menyebutkan, jumlah kuota Jamaah Calon Haji Kota Mataram yang berjumlah 700 orang tiap tahun ini, selain diberikan pembekalan manasik haji secara gratis, juga seyogyanya mendapat perhatian lebih dari Pemerintah pada saat pemondokan di Makkah dan Madinah. Upaya ini diharapkan Ahyar juga mendapat restu Legislatif sehingga manfaat kemitraan Pemerintah Kota dengan IPHI semakin erat. (dh/yudi foto humas) 
                  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar